Malam Keakraban (Makrab)

Oleh : Muthia Dewi (10315013)

pertama Gambar: Salah satu kegiatan Makrab

Salah satu kegiatan KSE ITB yang paling menarik adalah Makrab, atau singkatan dari Malam Keakraban. Di setiap tahunnya diselenggarakan kegiatan Makrab ini, pada beberapa bulan yang lalu pun dilaksanakan untuk penerima – penerima beasiswa (atau sering disebut dengan beswan) KSE periode 2016/2017. Waktu dan tempat penyelenggaraan kegiatan ini bergantung pada kebijakan masing-masing paguyuban kampusnya. Saya pribadi adalah beswan KSE ITB, yang pada saat itu mengikuti acara Makrab ini pada hari Sabtu, 29 Oktober 2016.

Dalam kegiatan yang berdurasi 1 hari 1 malam ini, tersusun dalam beberapa rangkaian acara, yang tentunya menarik dan bermanfaat, di antaranya adalah :

a. Mobilisasi dari kampus (sebagai meeting point) menuju lokasi Makrab (pada saat itu bertempatan di Villa Dango Hijau, Cibodas)

Kami berkumpul di selasar Masjid Salman ITB bagian belakang, menunggu teman-teman yang lain untuk berangkat bersama. Saat itu tim panitia menyewa beberapa angkutan umum sebagai sarana mobilisasi beswan-beswan KSE. Kami berangkat pukul 19.00 WIB. Dalam perjalanan, kami berkenalan satu sama lain, sehingga tujuan Makrab ini yang tidak lain adalah untuk membangun dan menjaga silaturahmi antar beswan dapat tercapai. Selama diperjalanan,  kami melewati kawasan-kawasan wisata yang indah, meskipun di malam hari.

b. Pembukaan Makrab

Sesampainya di villa, kami langsung disambut oleh acara Pembukaan Makrab. Dalam kesempatan ini, kami dipersilakan untuk mengenalkan diri sendiri, seperti nama, jurusan, angkatan, dan keunikan diri sendiri. Momen ini membuat kami lebih akrab satu sama lain. Selain itu, terdapat pula sambutan dari Ketua Acara Malam Keakraban, dan Ketua Paguyuban KSE ITB periode 2016/2017.

c. Mengenal Potensi, Minat, dan Bakat

Dalam momen ini, kami dibentuk menjadi beberapa kelompok kecil yang anggotanya berjumlah sekitar 9 sampai 10 orang. Lalu kami membuat sebuah mind map mengenai seperti apa karakter diri masing-masing; minat, bakat, dan potensi diri; serta perencanaan jangka panjang dan pendek yang hendak dicapai.

d. Api Unggun, Menonton Film, dan Barbeque

Acara yang paling ditunggu – tunggu adalah acara Api Unggun, Menonton Film dan Barbeque, karena di villa suhunya cukup dingin, tentu acara ini akan membuat kami merasa lebih nyaman dengan suasana di sana. Kami bisa menikmati jagung bakar di malam hari, selagi menghangatkan tubuh.

e. Senam Pagi dan Jalan-jalan di Daerah Villa

Ketika pagi telah tiba, kami disiapkan untuk melakukan senam pagi dan jalan-jalan di daerah villa. Kami melakukan pemanasan yakni dengan senam pagi sebelum melakukan perjalanan panjang jalan-jalan di daerah villa.

Halaman villa yang cukup luas, membuat kami merasa nyaman saat berkegiatan di sana. Setelah senam pagi selesai, kami langsung berangkat untuk jalan-jalan. Arena yang dilewati ternyata cukup terjal. Tikungan, tanjakan, dan turunannya sangat curam, sehingga kami perlu berhati-hati dan mengingatkan satu sama lain.

Selama perjalanan, kami bertemu dengan warga setempat dan sesekali menyapanya. Lingkungan yang masih jarang terjamah banyak orang, membuat daerah di sekitar villa tersebut bebas polusi udara. Sungai di daerah sana pun masih cukup bersih, namun alirannya cukup deras.

Perjalanan yang cukup panjang sempat membuat kami kelelahan, namun karena disuguhi dengan pemandangan alam yang indah, kami tetap besemangat. Udaranya sangat sejuk, masih terlihat banyak kabut, bebas polusi udara, warga –warga setempat pun sangat ramah.

Pengalaman seperti ini akan jarang ditemukan di perkotaan, sehingga kami sangat menikmati momen ini.

 keduaGambar: Senam Pagi

keempat Gambar: Saat jalan-jalan di sekitar villa

ketigaGambar: Di sela-sela perjalanan

f. Makan Pagi

Setelah selesai jalan-jalan di daerah villa, kami melaksanakan makan pagi bersama. Makanan yang tersedia adalah hasil dari beberapa rekan kami yang bekerja sama satu sama lain untuk menyiapkan makanan bagi rekan- rekan yang lainnya. Meskipun menu makanannya sederhana, namun kekeluargaan yang terbentuk dari acara Makrab ini sangatlah bermakna.

 kelimaGambar : Saat sedang makan pagi bersama

g. Permainan kekompakkan

Acara terakhir yang diadakan di villa adalah Permainan Kekompakkan. Di sini kami dibagi menjadi empat kelompok besar. Kami bermain pemainan yang menguji kekompakkan tim, dengan sistem eliminasi. Permainannya sangat seru dan menantang. Hingga akhirnya permainan berhenti dikarenakan turunnya hujan. Namun acara ini sangat bekesan.

keenamGambar :  Permainan kelereng estafet

h. Mobilisasi Pulang

Sekitar pukul 12.00 WIB tanggal 30 Oktober 2016, kami melaksanakan Shalat Dzuhur di masjid yang berlokasi cukup dekat dengan villa. Setelah itu kami dimobilisasi pulang dari villa ke kampus.

Kegiatan Malam Keakraban ini sangat seru dan bermanfaat. Kami bisa saling mengenal  satu sama lain, bertukar pikiran dan pendapat satu sama lain, berdiskusi, dan tentunya berbagi pengalaman dan pembelajaran satu sama lain.

About the author

admin

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *